Resmikan Pemasangan Gigi Balang di Kampoeng Budaya Silat Rawa Belong

Resmikan Pemasangan Gigi Balang di Kampoeng Budaya Silat Rawa Belong, Begini Harapan Kasudin Kebudayaan Jakarta Barat

Resmikan Pemasangan Gigi Balang di Kampoeng Budaya Silat Rawa Belong– Kepala Suku Dinas (Kasudin) Kebudayaan Jakarta Barat Ahmad Syahropi bersama Kampoeng Budaya Silat Rawa Belong meresmikan pemasangan ornamen Gigi Balang, di Kelurahan Sukabumi Utara, Jakarta Barat, Sabtu (5/6). Hal itu dilakukan sebagai implementasi dari Peraturan Nomor 11 Tahun 2017 Tentang Ikon Budaya Betawi.

“Kampung ini menjadi pelopor penerapan ikon budaya Betawi Pergub nomor 11 Tahun 2017 soal Budaya Betawi. Jadi kita ada identitasnya. Orang dari mana mana datang ke sini, “oh ini kampung Betawi, ini tanah Betawi,” ujar Ahmad Syahropi setelah peresmian.

Adapun ornamen Gigi Balang merupakan papan kayu berbentuk segitiga sejajar dan bulatan berwarna kuning dan hijau. Ornamen ini mempunyai makna bahwa hidup harus selalu jujur, rajin, ulet dan sabar dan bentuk pertahanan yang kuat. Prinsip inilah yang dipasang teguh oleh masyarakat Betawi.

Masyarakat yang hidup di Ibu Kota merupakan penduduk heterogen berasal dari beragam suku. Namun, sambung dia hal itu tidak menjadi penghalang agar turut  memasang ornamen Gigi Balang di rumah masing-masing.

“Dan untuk yg non Betawi jangan sungkan masang ini (gigi balang) karena prinsip kita bhinneka tunggal Ika. Ini kampung Betawi, di mana bumi dipijak, di situ bumi dijunjung,” imbuhnya.

Prioritas Kawasan Rawa Belong

Ketua Kampoeng Budaya Silat  Rawa Belong H. Amran mengungkap bahwa prioritas ornamen Gigi Balang ada di wilayah Rawa Belong. Koordinasi lebih lanjut akan dilakukan dengan target rumah maupun tempat usaha memakai ornamen Gigi Balang.

“Harapannya seluruh warga yang ada di Rawa Belong baik itu ruko, kantor maupun rumah memakai Gigi Balang ini,” ungkapnya.

Kampoeng Budaya Silat Rawa Belong merupakan organisasi masyarakat yang mewadahi sanggar maupun perguruan silat yang ada di wilayah Rawa Belong. Tak hanya fokus pada silat, penggalakkan pemasangan ornamen Gigi Balang tak lain demi melestarikan seni budaya Betawi.

Sementara Lurah Sukabumi Utara Trinanda Puspitosari mengaku menyambut baik peresmian pemasangan ornamen Gigi Balang di kawasan Sukabumi Utara. “Harapannya semua warga baik itu Betawi atau bukan memasang ornamen ini,” imbuhnya.

Dalam resmikan pemasangan Gigi Balang di Kampoeng Budaya Silat Rawa Belong itu turut dihadiri oleh Ketua RT 1 dan RW 3, pengusaha dan masyarakat yang ada di kawasan Rawa Belong dan Sukabumi Utara

1 Response

Leave a Reply

SEKRETARIAT REDAKSI

Jl. H. Sa’abun No.20, Jati Padang, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540.