Menikmati Gurihnya Sensasi Sop Kaki Kambing Bang Anen

Menikmati Gurihnya Sensasi Sop Kaki Kambing Bang Anen

Sajian hangat dan gurih memang sangat cocok untuk menu berbuka puasa. Terlebih usai menikmati segar manisnya takjil. Apa lagi kalau tidak menikmati gurihnya sensasi sop kaki kambing Bang Anen. Kuliner Betawi memang taka da habisnya untuk menjadi sajian favorit berbuka puasa pada Ramadan kali ini.

Tak sulit untuk menemukan warung kaki lima sop kaki kambing Bang Anen yang terletak di Jalan RS. Fatmawati No. 37, Fatmawati, Jakarta Selatan. Terlebih, warung kaki lima ini selalu digumuli oleh asap dari bakaran sate kambing yang menggoda selera.

Sop kaki kambingnya pun tak kalah. Terlebih kuah gurihnya dari perpaduan susu sapi dan minyak samin yang khas. Ya, olesan minyak samin menjadi salah satu ciri khas di warung kaki lima di sini. Tak ayal jika banyak pelanggan beberapa kali menambah olesan minyak samin.

Yang tak kalah menarik, di sini pelanggan juga dibebaskan untuk memilih bagian kambing sesuai selera. Diketahui meski bernama sop kaki kambing, tapi kuliner Betawi ini biasanya berisi berbagai macam bagian, diantaranya daging paha, kuping, lidah, tornado, hingga otak.

Ditemui senibudayabetawi.com, Bang Anen terlihat begitu sibuk memotong daging pilihan pengunjung. Besar dan begitu menggoda sebelum akhirnya ia padu dengan potongan tomat, serta daun seledri.

Perpaduan Kaya Rempah

Begitu dipadu bersama dengan kuah sop yang kental dan menyegarkan, aroma rempah-rempah begitu terasa menyeruak. Perpaduan kayu manis, cengkeh, pala, lada dan jahe seolah merontokkan aroma prengus dari daging kambing. “Sebelum dicampur dengan kuah juga kita masak dagingnya dengan rempah-rempah. Jadi tak bau kambing,” ujarnya kepada senibudayabetawi.com, beberapa hari yang lalu.

Bang Anen tak bisa menerangkan banyak sebab pengunjung hari itu sangat ramai. Beberapa di antaranya bahkan rela duduk di luar. Namun, itu semua seolah terbalas begitu menikmati gurihnya sensasi sop kaki kambing Bang Anen. Topping bawang merah dan emping goreng, minyak samin serta acar seolah menjadi pelengkap yang tak boleh terlewatkan.

Dan, seporsi besar sop kaki kambing Bang Anen siap memanjakan lidah Anda. Sensasi kuahnya yang creamy pepaduan susu dan minyak samin sangat terasa. Diketahui, Bang Anen memang menyediakan porsi besar bagi pengunjung. Jadi kalau kalian berminat menyantap sop ini, pastikan perut benar-benar dalam keadaan kosong.

Sop Kaki Kambing Bang Anen

JL. Fatmawati No. 37 Fatmawati

Jakarta Selatan

Leave a Reply

SEKRETARIAT REDAKSI

Jl. H. Sa’abun No.20, Jati Padang, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540.