Darimana Munculnya Istilah Paris van Java hingga Costa Brava van Java ?

Darimana Munculnya Istilah Paris van Java hingga Costa Brava van Java ?

Sebutan Paris van Java yang melekat dengan Kota Bandung sangat terngiang dalam benak kita. Belum lagi sebutan Costa Brava van Java untuk Kota Semarang hingga Batavia dan Switzerland van Java untuk Kota Bogor. Dilihat dari bahasanya, sebutan itu merujuk pada Negara Belanda. Lantas darimana munculnya istilah Paris van Java hingga Costa Brava van Java?

Pemerintah Hindia Belanda ingin memperlihatkan daerah-daerah yang telah mereka takhlukkan dan kuasai kepada para pelancong. Para pelancong di sini merupakan orang-orang Belanda yang melakukan (Bureau van de Vereeniging Toeristen Verkeer) ‘perjalanan dinas pariwisata’ ke negara tropis seperti Indonesia. Mereka kebanyakan singgah ke Pelabuhan-pelabuhan seperti Medan, Tanjung Priok, Tanjung Perak, Makassar hingga Bali. Dalam persinggahan itulah, mereka disuguhi dengan pemandangan ala Eropa.

Iskandar P. Nugraha dalam disertasinya, Tourism Practice and Discourse in Twentieth Century of Indonesia 1900-2000 menyatakan pemerintah kolonial berusaha menciptakan Eropa- Eropa baru di Indonesia. Mulai dari suasananya hingga pemandangan Eropa ke Indonesia.

Paris van Java, Switzerland van Java hingga Venetie van Java (Batavia) merupakan tempat-tempat berlibur di Eropa yang kerap mereka kunjungi selama musim liburan. Demi memunculkan kesan-kesan tersendiri layaknya “rumah sendiri”, mereka menggunakan istilah yang familiar bagi mereka.

Hal ini turut diperkuat dengan pembangunan rel kereta api Jawa yang difungsikan untuk pariwisata. Dimulai dari tahun 1875 dengan pembangunan jalur kereta api Surabaya-Pasuruan. Tepatnya pada Me 1878 jalur Surabaya-Pasuruan mulai dibuka.

Adapun jalur ini merupakan jalur pertama Staatspoorwegen  (perusahaan kereta api negara) di Jawa. Selanjutnya, jalur Tasikmalaya-Maos dibuka pada 1 November 1894. Sejak saat itulah Surabaya mulai terhubung dengan Batavia.

Leave a Reply

SEKRETARIAT REDAKSI

Jl. H. Sa’abun No.20, Jati Padang, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540.