Mengenal Silat Silo Macan

Mengenal Silat Silo Macan

Senibudayabetawi.com– Mengenal Silat Silo Macan — Silat diperkirakan sudah ada sejak abad ke 16 dimana masyarakat Jayakarta pada masa itu sering menunjukan seni silat disaat pesta perkawinan atau khitanan. Ini memperlihatkan bahwa silat tidak hanya berfungsi sebagai ilmu beladiri namun sudah menjadi suatu produk sosial, seni budaya Betawi yang mengakar dalam kehidupan sehari-hari. 


Silat betawi terbentuk melalui sebuah evolusi dari proses asimilasi beberapa ilmu bela diri tradisional etnis-etnis yang pernah mendiami Batavia. Meski mewarnai kehidupan masyarakat Betawi, silat adalah hal yang wajib dipelajari. Masyarkat Betawi dalam pergaulannya sehari-hari lebih sering menyebut dirinya berdasarkan lokalitas tempat tinggal mereka. Mereka biasa menyebutnya dengan instilah maen pukulan. Silat yang terkenal di Betawi berasal dari daerah Kemayoran, Pasar Senen, hingga Rawa Belong. Silat di Betawi.


Pada masyarakat Betawi, pencak silat yang dimiliki sangat beragam. Keragaman dalam pencak silat Betawi ini terlihat pada banyaknya aliran yang ada dalam pencak silat Betawi. Aliran-aliran pencak silat Betawi ini berbeda-beda sesuai dengan kelompok masing masing. Salah satunya Silat Silo Macan.

Muasal Silo Macan

Silo Macan berasal darikata Silo yang berarti bercahaya, diambil dari orang-orang yang bertaqwa seperti Ustad, sesepuh, Habib, Kyai, dan Datuk yang mempunyai wibawa yang tinggi. Silat Silo macan ini dimiliki oleh kyai kyai. Silat Silo macan ini tidak dikembangkan karenahanya dimiliki oleh Guru-guru ngaji dan pesantren. Kata macan berasal dari hewanmacan yang disegani dari taringnya, cara berjalannya dan gagahnya berdirinya. SiloMacan ini berarti perguruan yang memiliki wibawa dan cahaya seperti halnya macandan kyai yang disegani oleh semua orang

Sejarah Perguruan Silo Macan berasal dari ilmu beladiri yang dimiliki oleh Datuk,Kyai, Ustad, Habbib dan orang-orang yang sangat di segani. Entong Gendut yangmemiliki keahlian ilmu beladiri yang baik menurunkan ilmunya kepada rekan dananak muridnya. Tidak sembarang orang yang dapat diajarkan karrna pada prinsipnyaSilo Macan ini adalah gerakan sehari-hari seperti gerakan Shalat, berwudhu, dantayamum.

Silo Macan sangat berpegang teguh pada keyakinan agama islamnya.Silo Macan hanya ada pada pondok pesantren dan perkumpulan pengajian diCondet, seiring berkembangnya zaman guru-guru yang terlebih dahulu meninggal,dan sekarang hanya tinggal Bang Ucin yang lebih tua memahami gerakan gerakan Silo Macan.

Jurus Silat Silo Macan


Ada 4 jurus yang ada di Perguruan Silat Silo Macan yaitu jurus Selewa yang mempunyai kepanjangan shalat dan shalawat, jurus selewa adalah jurus asli condet yang mempunyai gerakan 5, 9, dan 12, dengan 5 mengarah kepada 5 Shalat wajib, 9 mengarah kepada 9 Walisongo, 12 mengarah kepada jumlah bulan ada 12. Jurus Kijang Putih jurus yang bermain di atas, Jurus Cipitik jurus Cipitik adalah jurus yang bermain di bawah, yang biasanya didengar silat yang main      
dibawah kolong bale, jurus Silo Macan.

Sebenarnya jurus Kijang Putih, jurus Cipitik,Jurus Silo Macan masuk kedalam jurus Selewa. Perguruan Silo Macan ini lebih berfokus kepada jurus Selewa.Ciri khas tertentu dari Perguruan Silat Silo Macan ada di golok dan besetannya. Gerakan kagetan dan kelembutannya beda dari silat lainnya yang mengutamakan kekerasan dan powernya. Akan tetapi, Silo Macan ini meneluarkan powernya di waktu tertentu saja.

Leave a Reply

SEKRETARIAT REDAKSI

Jl. H. Sa’abun No.20, Jati Padang, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540.