Tokoh Bang Pitung Menjadi Nama Jalan Membentang Sepanjang Rawa Belong

Tokoh Bang Pitung Menjadi Nama Jalan Membentang Sepanjang Rawa Belong

Senibudayabetawi.com – Tokoh Bang Pitung Menjadi Nama Jalan Membentang Sepanjang Rawa Belong – Puluhan orang berpakaian sadariah dan pangsi Betawi tampak beriringan sepanjang pertigaan Rawa Belong, Jakarta Barat, pada Minggu (19/6). Mereka tampak sibuk mengawal pengerjaan pemasangan plang nama jalan baru: Bang Pitung, sebagai pahlawan masyarakat Betawi yang ada pada pertengahan abad ke-19. Jalan Bang Pitung menggantikan Jalan Kebayoran Lama.

Kegiatan tersebut menyusul kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang juga memasang palang di beberapa nama jalan baru di Jakarta. Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan, budaya Betawi merupakan unsur masyarakat yang memuat peristiwa penting dalam perjalanan bangsa dan negara Indonesia di Jakarta. Anies mengingatkan bahwa unsur historis juga perlu dipertimbangkan dalam perubahan nama jalan tersebut.

H Bachtiar dari Sanggar Si Pitung terlihat memandu acara bersama dengan beberapa perwakilan ormas dan perguruan untuk mengikuti rangkaian acara. Adapun diantaranya Kampung Silat Rawa Belong, PS Cingkrik S3 Rawa Belong. Kemudian, Percita Rawa Belong, Bang Japar, Forkabi, serta Sanggar Si Pitung.

Selanjutnya Jawara Betawi Pitung, Permata MHT, Yayasan Si Pitung, Ibetras. Kemudian, Jawara Betawi Pitung, dan FKDM Kelurahan Sukabumi Utara serta Karang Taruna Sukabumi Utara.

Tokoh Bang Pitung Menjadi Nama Jalan Membentang Sepanjang Rawa Belong

Sekjen Kampung Silat Rawa Belong, Robi Indra menyatakan peresmian penetapan nama-nama jalan nama tokoh Betawi dan Jakarta akan dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada besok, Senin (20/6), di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Ketua Umum Forkabi menyatakan apresiasi dan terima kasihnya kepada Gubernur Anies Baswedan yang telah menetapkan nama Jalan Bang Pitung ini.

“Besar harapan kami bapak gubernur dapat membantu untuk renovasi gapura Jalan Sulaiman di Kelurahan Sukabumi Utara, Rawa Belong, menjadi gapura Kampung Budaya Silat Rawa Belong, yang khas dengan nuansa Betawi sebagai simbol kampung budaya,” kata dia.

Jalan Bang Pitung berada dari Pertigaan Rawa Belong hingga Perempatan Rumah Sakit Medika Permata Hijau. Lokasi ini dinilai tepat sebagai berada di jantung kampung Rawa Belong. Wilayah yang terkenal sebagai kampung silat tradisi Betawi.

Tak hanya itu, Rawa Belong juga terkenal akan nasi uduk serta ketupat sayurnya. Tak lupa, Rawa Belong juga terkenal sebagai pusat bunga di Jakarta.

Leave a Reply

SEKRETARIAT REDAKSI

Jl. H. Sa’abun No.20, Jati Padang, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540.