Sedapnya Gorengan Kambing, Kuliner Langka Betawi

Sedapnya Gorengan Kambing, Kuliner Langka Betawi

Senibudayabetawi.com – Sedapnya Gorengan Kambing, Kuliner Langka Betawi – Ternyata kuliner Betawi tak hanya seputar kerak telor, nasi uduk dan soto Betawi saja, lo. Setidaknya, bagi yang belum pernah atau asing mendengar salah satu kuliner Betawi satu ini, yaitu Gorengan Kambing Betawi

Kuliner ini sudah mulai langka eksistensinya. Tak ayal jika masyarakat nyaris tak tahu jika Betawi masih memiliki ‘kekayaan kuliner’ satu ini. 

Secara sekilas, begitu mendengar nama gorengan maka kerap kali diasosiasikan dengan makanan yang digoreng, seperti  bakwan hingga pisang goreng. Padahal, makanan ini dihidangkan seperti halnya gulai kambing, berkuah dan bersantan dengan kaya akan bumbu-bumbu rempah.

Konon, makanan ini tempo dulu masih kerap ditemui di kampung-kampung Betawi dan lambat laun keberadaannya mulai langka. Gorengan Kambing Betawi sangat cocok sebagai salah satu menu rekomendasi olahan serba kambing di hari Idul Adha tahun 2022 ini. 

Sedapnya Gorengan Kambing, Kuliner Langka Betawi

Seperti halnya namanya, Gorengan Kambing berbahan utama daging kambing. Tak hanya itu, kuliner ini menggunakan bahan iga dan jeroan kambing. Bahan utama ini harus dimasak dan dipastikan matang dan empuk secara sempurna. 

Diketahui kunci memasak daging kambing agar empuk yaitu dengan memastikan daging kambing tak dicuci secara berlebihan. Sementara untuk membuat daging kambing empuk yaitu dengan tambahan parutan nanas, soda kue atau yogurt saat pemasakan daging kambing. Kunci lainnya yaitu, dengan memastikan pemilihan daging kambing yang masih muda dan diiris tipis. 

Kemudian, beberapa bumbu lainnya yaitu terdiri atas jinten, kemiri, biji pala, bawang putih, bawang merah dan cabai rawit dan cabai merah. Selanjutnya, serai, daun salam, daun jeruk, kecap manis, santan, bumbu kari, gula, garam dan penyedap rasa. 

Penggunaan bumbu rempah-rempah tak sekadar membuat masakan menjadi sedap dan bercita rasa mantap. Akan tetapi juga menghilangkan bau prengus dari daging kambing. 

Secara sekilas kuliner ini mirip dengan gulai kambing. Namun begitu dicermati, Gorengan Kambing Betawi lebih bernuansa warna merah dibanding gulai. 

Menariknya selain hangat dan sedapnya kuah Gorengan Kambing, kuliner ini kerap disajikan dengan segarnya taburan acar, irisan buncis dan kerupuk. Kebanyakan makanan ini juga disandingkan dengan gurihnya nasi uduk Betawi, sebuah kombinasi yang menggoda selera. 

Leave a Reply

SEKRETARIAT REDAKSI

Jl. H. Sa’abun No.20, Jati Padang, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540.