Mencicipi Varian Sambal Tradisional Khas Betawi

Mencicipi Varian Sambal Tradisional Khas Betawi

Senibudayabetawi.com – Mencicipi Varian Sambal Tradisional Khas Betawi – Sambal merupakan salah satu hidangan Nusantara pelengkap yang umumnya memiliki rasa pedas. Dengan bahan utama cabai, sambal memiliki berbagai variannya, seperti halnya Betawi yang ternyata memiliki varian sambal khas tempo dulu. 

Sambal khas Betawi kini memang mulai jarang ditemukan. Kendati demikian tak berarti sambal khas Betawi telah kehilangan eksistensinya. Setidaknya, terdapat sembilan varian jenis sambal khas Betawi. Penamaan sembilan jenis sambal tersebut mengacu pada bahan tambahan yang terasa menonjol bersamaan dengan rasa pedas khas sambal. Yuk, Mencicipi Varian Sambal Tradisional Khas Betawi.

1.Sambal Lengkio

Sambal Lengkio yaitu Sambal Lengkio. Lengkio merupakan keluarga bawang-bawangan yang memiliki ukuran sangat kecil. Lengkio sangat sulit ditemukan. Beberapa bahan Sambal Lengkio yaitu terasa, cabai, tomat, bawang yang diharuskan sebelum akhirnya ditambahkan lengkio tanpa diharuskan.

2.Sambal Pucung

Sambal Pucung yaitu berbahan dasar pucung atau kluwek (bhs Jawa Timur) berwarna hitam. Masyarakat Betawi kerap memanfaatkan pucung sebagai sayur pucung Betawi. Adapun untuk bahan pembuatan Sambal Pucung yaitu menggunakan pucung yang dicampur dengan cabai.

3.Sambal Belimbing Wuluh

Sambal ini hampir mirip dengan bahan utama sambal lainnya yaitu cabai dan bawang merah serta bawang putih. Hanya saja, penambahan belimbing wuluh membuat cita rasanya semakin mantap dan segar. 

4.Sambal Dengkek

Sambal Dengkek terdiri atas cabai merah, bawang, cuka, terasa serta garam. Tak hanya itu, sambal ini juga disajikan secara kasar alias bumbu-bumbunya tak dialek hingga halus.

5.Sambal Jahe

Sambal Jahe sekilas mirip dengan sambal khas Jawa Timur. Perbedaan utama Sambal Jahe Betawi yaitu penggunaan cabai, bawang serta Jahe tanpa disertai kacang

6.Sambal Godok

Sambal Godok kerap kali dibandingkan sebagai pelengkap makanan ketupat dan sayur khas Betawi. Bahan-bahan Sambal Godok diantaranya campuran terasa, bawang yang telah direbus, cabai yang dihaluskan. Penamaan sambal godok karena beberapa bahan harus direbus terlebih dahulu. 

7.Sambal Oncom Kemangi

Sambal ini terbuat dari campuran cabai, bawang putih, bawang merah, gula, garam yang kemudian dihaluskan. Sama halnya dengan nanya, sambal ini dicampur dengan oncom dan tambahan kemangi yang semakin membuat aroma dan rasanya menjadi sedap

8.Sambal Terasi

Sambal Terasi merupakan  salah satu sambal yang ditemukan di hampir seluruh pelosok Nusantara, salah satunya Betawi. Ciri khasnya sudah pasti pemakaian terasi dan tambahan gula jawa.

9.Sambal Nasi Uduk Khas Betawi

Jika menikmati nasi uduk, sudah pasti tersedia sambal pelengkapnya. Rasa kacang tanah yang pekat sangat terasa dalam sambal ini, belum lagi dicampur dengan cabai, air jeruk, garam dan gula. Mantap dan cocok dicocolin dengan gorengan.

Leave a Reply

SEKRETARIAT REDAKSI

Jl. H. Sa’abun No.20, Jati Padang, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540.