Sukong

Alat Musik Sukong, Produk Betawi Lintas Budaya

Senibudayabetawi.com – Budaya Betawi diketahui merupakan akulturasi dari berbagai macam budaya yang ada di Nusantara. Salah satunya tercermin dalam keunikan kesenian Betawi itu sendiri, seperti gambang kromong. Ya, sebagai salah satu musik khas Betawi yang berakar dari tradisi Tionghoa, gambang kromong memiliki kekhasan tersendiri, salah satunya pada alat musik sukong.

Melansir dari Indonesia Kaya, sukong merupakan alat musik tradisional Betawi yang menyerupai alat musik rebab yang berasal dari Arab. Akan tetapi, terdapat perbedaan signifikan yakni pada bentuk yang lebih kecil dan memiliki dua dawai atau senar dibandingkan dengan rebab yang menggunakan satu buah dawai.  

Selain digunakan dalam gambang kromong, sukong biasa digunakan untuk mengiringi kesenian Betawi lain seperti ondel-ondel dan pementasan lenong. Sebagai alat musik yang berfungsi sebagai melodi, sukong bisa menghasilkan irama dari lagu-lagu Betawi seperti “Kicir-kicir” dan “Jali-jali”.

Diketahui alat musik ini terbuat dari kayu sebagai tempat membentangkan dawai and batok kelapa sebagai tempat resonansi suara. Sukong dimainkan dengan cara digesek menggunakan alat khusus yang berbentuk busur yang terbuat dari pohon yang elastis. Rambut yang digunakan untuk menggesek dawai terbuat dari rambut ekor kuda jantan yang berwarna putih keemasan. 

Sukong terlahir sebagai pluralisme budaya Betawi. Meski saat ini keberadaannya mulai jarang ditemukan, tapi alat musik ini masih bertahan dan mencirikan salah satu produk budaya Betawi.

Ramadani Wahyu

Leave a Reply

SEKRETARIAT REDAKSI

Jl. H. Sa’abun No.20, Jati Padang, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540.