Budaya Betawi Menembus Metaverse

Pameran Budaya Betawi Menembus Metaverse

Senibudayabetawi.com – Momentum Hari Museum Nasional yang jatuh pada 12 Oktober lalu menjadi peringatan mengingat pentingnya museum di DKI Jakarta. Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi bersama dengan Skolla, serta UPK Perkampungan Budaya Betawi meluncurkan Pameran 10 Siklus Kehidupan Masyarakat Betawi. Ini merupakan budaya Betawi menembus di Metaverse pada Sabtu (15/11).

Pameran yang berlangsung hingga 30 Oktober ini menampilkan 10 siklus kehidupan masyarakat Betawi dalam berbagai medium. Mulai dari seni lukis, digital, animasi yang dibuat oleh seniman Betawi. Karya-karya ini memiliki sisi edukasi seperti nilai-nilai kearifan lokal, kekeluargaan, keagamaan hingga kemasyarakatan. 

Menariknya, pameran ini ditampilkan dalam bentuk Metaverse menggunakan Skollaverse (Ruang Metaverse Skolla) alias budaya Betawi menembus metaverse. “Kami sangat bangga dan berterima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung revolusi pendidikan ini, dari Kemenkoan, Pemprov, universitas, hingga masyarakat luas,” kata Devlin Hazrian Saleh, CEO Skolla dalam keterangannya, Sabtu (5/11).

Lebih jauh, Devlin mengatakan pihaknya memulai gerakan ini sejak 2015 di Yogyakarta dan saat ini hadir secara masif dan kolaboratif untuk mempersembahkannya kepada bangsa Indonesia.  “Kami yakin dengan teknologi masa depan, kita mampu meroketkan talenta kita. Dengan kebudayaan dan jati diri bangsa untuk bersama mewujudkan Indonesia naik kelas,” sambungnya. 

Acara peluncuran pameran tersebut juga diikuti dengan 1000 Beasiswa Pendidikan Paket Belajar Skolla untuk Pelajar DKI Jakarta. Skolla sendiri merupakan platform belajar yang berfokus pada pengembangan pembelajaran berbasis teknologi immersive.

“Saat ini dibutuhkan ruang virtual agar masyarakat mendapatkan akses yang lebih mudah untuk belajar Budaya Betawi. Karena pada dasarnya, budaya Betawi memiliki semangat inklusif (keterbukaan),” ujar Sejarawan JJ Rizal.

1 Response
  1. Menuju Teknologi Futuristik

    artikel blog terkait pameran budaya yang menembus metaverse sungguh menarik dan bermanfaat. Kemajuan teknologi modern telah memberikan kontribusi yang sangat besar. VR AR MR merupakan contoh teknologi yang menciptakan pengalaman yang menakjubkan dengan menggabungkan dunia digital dan fisik dalam beragam tingkatan.

Leave a Reply

SEKRETARIAT REDAKSI

Jl. H. Sa’abun No.20, Jati Padang, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540.