Pertumbuhan Minat Ibadah Haji di Batavia Tinggi Sejak Abad ke 17

Pertumbuhan Minat Ibadah Haji di Batavia Tinggi Sejak Abad ke 17

Senibudayabetawi.com – Ibadah haji merupakan salah satu impian umat Islam di dunia, tak terkecuali Indonesia. Bagi masyarakat Betawi sendiri, ibadah haji merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu. Tempo dulu bahkan banyak orang Betawi yang rela menjual tanahnya demi berangkat haji. 

Secara umum, perkembangan haji di Batavia secara umum ke Mekah dibagi menjadi dua, yakni rute darat dan laut. Sementara, rute perjalanan jalur laut dapat dikelompokkan menjadi tiga rute pelayaran.

Pertama, umat Islam yang berasal dari Hindia Belanda seperti, Straits Setlement, British Indie, Afganistan, dan Persia berangkat melalui selat Bab el- Mandab. Kedua, umat Islam yang berasal dari Mesir, Sudan, Somalia, Prancis, Erytria dan Yaman berangkat melalui Laut Merah. Ketiga, umat Islam yang berasal dari Tunisia, Asia Kecil, Siria dan Maroko berangkat dari Utara.

Meningkat Signifikan

Sekitar abad ke-17 dan 18, sejumlah penduduk Hindia Belanda, terutama Batavia telah melaksanakan ibadah haji ke Mekkah pada setiap tahunnya. Dan selama pertengahan abad ke-19 jumlah mereka makin bertambah banyak. 

Pada tahun 1858 hasil dari laporan beberapa wilayah menunjukkan fluktuasi keberangkatan jamaah haji tercatat 202 orang yang berasal dari Bogor. Selanjutnya, pada tahun 1854 tercatat 194 orang yang berasal dari Sumatra Barat dan pada tahun 1856 terdapat 523 orang yang berasal dari Semarang, 

Pada tahun 1861 tercatat 184 orang yang berasal dari Banten. Kemudian, di tahun yang sama ditemukan sejumlah jamaah haji asal Banten yang telah kembali dari Mekkah berjumlah 222 orang. 

Selain itu, pada tahun 1958 tercatat calon jamaah haji asal Tegal berjumlah 118 orang, tahun 1860-1864 tercatat 356 orang dan yang kembali hanya 106 orang. Dari rata-rata uang yang dibawa para jamaah sebesar 400 hingga 500 gulden sesuai dengan ketentuan pemerintah. 

Laporan-laporan tersebut semakin meningkat ke Batavia baik di Jawa maupun luar Jawa bahwa semakin meningkatnya para calon jamaah haji yang meminta pas jalan. Peningkatan jamaah haji sendiri di wilayah Batavia semakin meningkat dari tahun ke tahun dari berbagai wilayah. 

Leave a Reply

SEKRETARIAT REDAKSI

Jl. H. Sa’abun No.20, Jati Padang, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540.