Mirip Seperti Sate Lilit Bali, Inilah Sate Lembut Khas Betawi

Mirip Seperti Sate Lilit Bali, Inilah Sate Lembut Khas Betawi

Senibudayabetawi.com – Sate merupakan kuliner nusantara yang mempunyai berbagai varian di berbagai daerah. Salah satunya sate lilit khas Bali. Namun, tahukah kalian sobat Senibudayabetawi bahwa sate dari Pulau Dewata ini ternyata mirip dengan sate lembut khas Betawi. Kendati memiliki tampilan yang sama tapi ternyata sate lembut justru terpengaruh dari makanan khas Arab yang masuk ke Jayakarta.

Sebagaimana kita tahu bahwa kuliner khas Betawi sangat beraneka ragam. Mulai dari jenis makanan berat, lauk pauk, kudapan hingga minuman. Sate lembut juga kerap menjadi pelengkap dalam sajian kuliner Betawi. Meski terlihat sama dengan sate lilit khas Bali tapi sate lembut sangat berbeda.

Melansir kebudayaan kemdikbud, bahan utama daging sate lembut menggunakan daging sapi, sedangkan sate lilit terbuat dari daging babi, ikan, ayam, sapi hingga kura-kura yang dicincang. Menariknya, sate lembut sudah jarang ditemukan tapi banyak tersaji saat momen penting seperti perayaan Idul Fitri.

Seperti halnya namanya, sate lembut berbahan dasar daging sapi, tapi digiling. Itulah kenapa teksturnya sangat lembut. Beberapa bahan pelengkap lain juga membuat sate ini semakin lembut, misalnya bahan kelapa parut, bawang merah goreng, merica, hingga kelapa parut.

Adapun untuk proses pembuatannya yakni daging yang halus tergiling selanjutnya dicampur dengan kelapa parut segar yang disangrai dan gula merah. Bahan-bahan ini kemudian ditumbuk dan dicampur hingga rata dan halus.

Setelah halus, selanjutnya kita harus memastikan bumbu-bumbu lainnya turut ditumis sampai harum. Lalu dicampurkan pada campuran daging giling, bawang merah dan bawang putih serta telur.

Khusus untuk proses selanjutnya yakni dengan membentuk adonan sate dengan mengambil setiap satu hingga dua sendok makan yang kita bulatkan dan pipihkan. Daging itu lalu ditusukkan pada tusukan sate yang lebih lebar dan pipih.

Seperti halnya sate pada umumnya, untuk sate lembut Betawi ini diproses dengan cara dibakar. Biasanya sate ini disajikan dengan bumbu, seperti bumbu kacang yang nikmat.

1 Response

Leave a Reply

SEKRETARIAT REDAKSI

Jl. H. Sa’abun No.20, Jati Padang, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540.