Lima Bulan Perjalanan senibudayabetawi.com, Wujud Konkret Apresiasi Mpok Fahira Idris untuk Pelaku Seni Betawi

Lima bulan perjalanan senibudayabetawi.com diapresiasi oleh Anggota DPD RI Dapil DKI Jakarta Mpok Fahira Idris, Selasa (6/4). Ketua Umum Organisasi Masyarakat Kebangkitan Jawara dan Pengacara (Bang Japar) ini sekaligus memotivasi pelaku seni Betawi agar terus berkolaborasi dengan senibudayabetawi.com.

“Sejak lima bulan yang lalu, saya langsung menginisiasi apa hasil pertemuan bulan November. Alhamdulillah akhirnya di bulan Desember saya mulai menciptakan senibudayabetawi.com,” ujarnya.

Adapun senibudayabetawi.com concern dalam menggali potensi yang dimiliki sanggar seni maupun perguruan silat yang ada di DKI Jakarta. Sebanyak kurang lebih 100 sanggar seni maupun perguruan silat telah berkolaborasi dengan senibudayabetawi.com.

Mpok Fahira Idris memastikan dengan adanya kolaborasi dengan senibudayabetawi.com, sanggar maupun perguruan silat berpeluang dikenal lebih luas dan semakin berkembang.

“Inilah cara saya ingin menampilkan seni budaya yang ada di Betawi. Tak hanya diliput dan dijadikan berita, tapi kita cantumkan nama pendiri, alamat dan kontak, sehingga memudahkan promosi sanggar maupun perguruan,” tambah dia.

Wujud apresiasi juga dilakukan Mpok Fahira Idris dengan pemberian piagam penghargaan atas perjuangan mereka. Nantinya, Mpok Fahira Idris juga akan mengagendakan kunjungan ke perguruan maupun sanggar.

“Jadi istilahnya kita napak tilas untuk sanggar-sanggar yang telah dikunjungi. Kali kedua kita akan berkunjung dan mencoba menggali aspirasi mereka,” kata Mpok Fahira Idris.

Sinergi Bersama

Dalam kesempatan itu, turut dihadiri seluruh anggota Divisi Seni Budaya Ormas Bang Japar se-DKI Jakarta. Robin Indra, selaku Kepala Divisi Seni Budaya Mako Bang Japar menyatakan urgensi kolaborasi antara Bang Japar dengan senibudayabetawi.com agar sanggar seni dan perguruan silat Betawi semakin terangkat. Terlebih sudah lima bulan perjalanan senibudayabetawi.com.

“Ke depan kita akan bersama-sama mendatangi (sanggar dan perguruan) satu-satu. Kalau bisa teman-teman juga ikut terlibat kegiatan sosialisasi seperti dekat dengan sanggar-sanggar dan pelaku seni budaya yang ada di wilayah. Sehingga dari Mako bisa meminta arahan saat datang ke sana,” kata dia.

Selain itu, koordinasi dengan berbagai pihak, termasuk pejabat pemerintah seperti Kadis Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta Iwan Henry Wardhana dan sudin-sudin di wilayah juga dilakukan sebagaimana sinergi bersama.

Dalam kesempatan itu, turut dihadiri Sekum Bang Japar, Bang Bintang; Wakadiv Agama Mako, Ustadz Bof Al Banjari; Komwil, Kadiv Seni Budaya, serta Komcam seluruh DKI Jakarta.

2 Responses

Leave a Reply

SEKRETARIAT REDAKSI

Jl. H. Sa’abun No.20, Jati Padang, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540.