Menu Kuliner Betawi untuk Perayaan Idul Adha

Menu Kuliner Betawi untuk Perayaan Idul Adha

Senibudayabetawi.com – Peringatan Hari Raya Idul Adha tepat pada 29 Juni 2023 nanti telah ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Muslim di dunia. Beragam persiapan dilakukan agar tak melewatkan momen kebersamaan ini. Tak terkecuali menyiapkan berbagai varian menu kuliner Betawi untuk perayaan Idul Adha. 

Kuliner khas Betawi memang telah dikenal sebagai makanan yang kebanyakan berbahan utama daging. Mulai dari semur, gulai, hingga nasi kebuli semua berbahan daging, baik daging kambing maupun sapi. Tepat pada perayaan Hari Raya Idul Adha ini, makanan berbahan olahan daging khas Betawi bisa menjadi menu rekomendasi. Menu Kuliner Betawi untuk perayaan Idul Adha yang dirangkum senibudayabetawi.com.

1.Semur

Bagi masyarakat Betawi, semur merupakan salah satu makanan khas yang dianggap wajib ada saat peringatan Idul Adha. Kuliner berkuah pekat ini sedikit banyak dipengaruhi oleh gaya memasak Belanda mengingat tempo dulu kolonialisme menjajah bangsa Indonesia. 

Selain daging sapi, beragam isian pengganti lainnya yaitu ayam hingga telur. Khusus untuk pengolahan semur daging sapi harus diolah dengan kombinasi rempah khusus, seperti cengkeh, pala hingga kayu manis. Tiga rempah ini memegang kunci dalam olahan khas semur daging sapi. Biasanya semur dihidangkan dengan taburan bawang goreng dan emping melinjo.

2.Nasi Kebuli

Menu nasi kebuli selalu menjadi makanan favorit khas selama Idul Adha. Olahan nasi khas Timur Tengah ini bercita rasa gurih dengan rempah-rempah yang sangat terasa. Kerap kali nasi kebuli dimasak menggunakan campuran kaldu kambing serta disajikan dengan daging kambing. 

Nikmatnya Berbuka Puasa dengan Nasi Kebuli

Adapun untuk bumbu nasi kebuli diantaranya lada, jintan, kapulaga, kayu manis, cengkeh, serta bawang, dan minyak samin. Kendati makanan ini berasal dari Timur Tengah, tapi nasi kebuli sangat cocok bagi lidah orang Betawi dan kerap disajikan begitu Idul Adha datang. 

3.Sop Kambing Betawi

Daging kambing maupun sapi memang cocoknya dimasak menjadi olahan sop kambing Betawi. Sop kambing Betawi memiliki cita rasa khas berupa berkuah kental dan kaya akan bumbu. Menariknya, dalam menu ini harus diperhatikan pula pemilihan daging terbaik, yakni bagian daging paha kambing muda. 

Menu Kuliner Betawi Spesial di Hari Raya Idul Adha

Ini tak lain untuk membuat sop terasa lebih empuk dan mudah meresap ke bumbunya. Beberapa bahan lainnya yaitu daun salam, lada, pala, kayu manis, cengkeh, kapulaga, serta bawang putih. Khusus isian lainnya yaitu kentang, wortel, daun bawang, seledri, dan daging iga. 

4.Gorengan Kambing 

Sekilas nama menu makanan ini mengingatkan kita pada berbagai varian gorengan, seperti bakwan, tahu, hingga pisang goreng. Jangan salah, gorengan kambing khas Betawi ini merupakan salah satu menu kuliner langka yang mulai jarang ditemui di pusat kota.

Gorengan kambing sekilas berbentuk seperti gulai kambing, terdapat isian berupa daging, jeroan, serta babat kambing. Selain itu, kuah kuliner ini berwarna kuning kemerahan karena dominasi penggunaan cabai merah di dalamnya. Beberapa bumbu dalam kuliner ini diantaranya daun jeruk, cabai merah, bawang putih, jahe, kunyit. Bumbu-bumbu ini juga berfungsi utama sebagai penghilang aroma dari kambing. 

5.Opor

Opor menjadi pelengkap yang khas untuk menu ketupat di hari Raya Idul Adha. Selain biasa menggunakan bahan utama ayam, opor juga bisa menggunakan bahan daging kambing maupun sapi. Menu kuliner ini terdiri atas beberapa bahan yaitu, serai, lengkuas, daun salam, bawang merah, bawang putih, kaldu jamur, ketumbar.

Menariknya, olahan opor juga bisa dikombinasikan dengan buah nanas dan kentang yang dipotong-potong. Kombinasi ini dapat menghadirkan sensasi berbeda dan menggoda.

Ramadani Wahyu

Leave a Reply

SEKRETARIAT REDAKSI

Jl. H. Sa’abun No.20, Jati Padang, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540.