Panas Terik, Berikut 5 Rekomendasi Minuman Menyegarkan Khas Betawi

Panas Terik, Berikut 5 Rekomendasi Minuman Menyegarkan Khas Betawi

Senibudayabetawi.com – Betawi merupakan salah satu suku di Jakarta yang menjadi kota metropolitan. Meski demikian, minuman khas tradisional Betawi masih juga eksis hingga detik ini. Minuman khas Betawi ini justru semakin laris manis terutama di tengah teriknya panas Jakarta belakangan ini.

Minuman-minuman khas Betawi hingga saat ini masih mudah ditemukan di area Jakarta, baik di pinggir kaki lima hingga kafe-kafe kekinian. Dalam Jelajah Kuliner Khas Betawi (2022) karya Yudhiet Fajar Dewantara, dkk bahwa ada beberapa minuman khas Betawi yang masih eksis hingga sekarang. Bahkan, beberapa merupakan oleh-oleh khas Betawi yang tak pernah absen menjadi buah tangan usai berlibur.

Berikut ini kami rangkum lima rekomendasi minuman khas Betawi yang menyegarkan dan cocok sebagai minuman di tengah teriknya panas belakangan ini.

1.Es Selendang Mayang

Minuman berkuah santan putih nan gurih dengan isian manisnya selendang mayang berwarna warni ini begitu menggoda. Minuman ini masih bisa dijumpai di tepi-tepi jalan hingga agenda acara tentang tradisi dan budaya. Biasanya penjual es selendang mayang berjualan dengan cara dipikul. 

Selendang Mayang, Minuman Betawi Populer Sejak Tahun 1940
Selendang Mayang, Minuman Betawi Populer Sejak Tahun 1940

Muasal nama selendang mayang sendiri tak bisa lepas dari cerita rakyat si Jampang Mayang Sari. Khusus untuk nama selendang mayang sendiri berasal dari gabungan kata ‘selendang’ dan ‘mayang’.

Bahan utama minuman ini adalah tepung beras dan tepung sagu yang bentuknya kue seperti agar-agar, lalu disiram kuah santan yang segar dan gurih.

2. Bir Pletok

Akrab disebut sebagai “wine-nya orang Betawi”, minuman bir pletok merupakan salah satu minuman paling populer di kalangan masyarakat. Kendati bernama bir, tapi minuman ini tak mengandung alkhohol.

Ramadan Tiba, Yuk Siap-siap Berbuka Puasa dengan Bir Pletok
Ramadan Tiba, Yuk Siap-siap Berbuka Puasa dengan Bir Pletok

Bir pletok terbuat dari berbagai bahan rempah-rempah dan berkhasiat baik untuk kesehatan tubuh.

3. Es Campur Betawi

Es campur merupakan minuman menyegarkan yang hampir ada di semua peta kuliner Nusantara. Karakteristiknya yang hampir mirip membuat kita cepat mengenali es ini.

Khusus es campur Betawi memiliki karakteristik tersendiri yakni adanya tambahan bubur sumsum di dalamnya.

Segarnya Es Campur Betawi
Segarnya Es Campur Betawi

Beragam buah-buahan yang biasa digunakan dalam es campur Betawi diantaranya nangka, alpukat, kolang kaling, nanas. Tambahan cincau hitam dan cincau hijau juga semakin menambah sensasi segarnya es campur Betawi. 

4. Kopi Jahe

Minuman kopi jahe sudah ada sejak abad ke-18. Status kopi jahe waktu itu sangat istimewa karena hanya hadir pada perayaan acara-acara besar tertentu.

Kopi Jahe Betawi, Minuman Penghangat Badan Bermula di Angke
Kopi Jahe Betawi, Minuman Penghangat Badan Bermula di Angke

Bahkan masyarakat Betawi menyebut sajian minuman ini dengan nama Zanzabil. Sementara kata “kopi” disebut dengan nama Gahwa.

5. Es Doger

Minuman tradisional yang menjadi ciri khas Betawi yakni es doger. Es doger merupakan singkatan dari es dorong gerobak. Sebab pada zaman dahulu penjualnya biasanya menggunakan gerobak yang didorong.

Ramadani Wahyu

Leave a Reply

SEKRETARIAT REDAKSI

Jl. H. Sa’abun No.20, Jati Padang, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540.