Sambal Goreng Garam

Sambal Goreng Garam Kerap Menjadi Bekal Jamaah Haji Betawi Tempo Dulu

Senibudayabetawi.com – Makanan khas Betawi memang sangat beragam. Namun, tahukah kalian sobat senibudayabetawi ada kuliner bernama sambal goreng garam. Kuliner ini hampir tak pernah hadir dalam lansekap kuliner Betawi. Nah, seperti apa itu?

Jangan bayangkan bahwa kuliner ini hanya berbahan dasar garam seperti halnya namanya. Sambal goreng garam cenderung bertekstur kering dan sangat simple untuk dijadikan bekal selama perjalanan.

Konon, karena praktisnya orang Betawi yang naik haji tempo dulu kerap membawa goreng garam sebagai bekal. Mereka bahkan membungkusnya serapi mungkin untuk hari-hari saat haji dan umroh.

Sambal goreng garam memang sangat praktis karena bisa bertahan kurang lebih satu bulan dalam suhu ruang. Cukup dimakan bersama dengan nasi hangat, makanpun terasa lebih nikmat dan nendang. Kuliner ini juga sangat cocok sebagai lauk saat dompet kalian menipis.

Berbahan dasar bawang goreng yang dicampur dengan cabe dan bumbu dapur lain yang dihaluskan. Cita rasanya sangat khas yakni gurih dan pedas sangat menggugah selera.

Selain biasa disajikan dengan nasi hangat, sambal goreng garam juga bisa dimasukkan ke dalam telur dadar atau sebagai bumbu nasi goreng. Pecinta kuliner Betawi wajib mencobanya nih.

Nah, daripada penasaran berikut ini adalah bahan dan cara membuat sambal goreng goreng khas Betawi.

Bahan:

500 gram bawang merah goreng

Tiga ruas kunyit

250 gram cabe rawit
dua ruas jahe
lima batang serai bagian putih

Minyak sayur

Garam secukupnya

satu sachet kaldu bubuk

Cara Membuat:


1. Langkah pertama, haluskan cabe rawit, kunyit, jahe, serta serai dengan blender maupun diulek biasa. Jika kalian menggunakan blender maka tambahkan minyak di dalamnya

2. Kemudian, masukkan cabai, kunyit, jahe dan serai yang telah halus ke dalam wajan. Tak usah menambahkan minyak sayur lagi. Tapi bila minyaknya dirasa kurang, boleh ditambahkan sedikit minyak lagi.

3. Masak dengan api sedang cenderung kecil sambil terus diaduk agar tidak gosong.

4. Setelah kuning kecoklatan dan terlihat kering, matikan kompor, lalu masukkan bawang gorengnya. Aduk hingga merata, lalu angkat. Sambal goreng garam siap disajikan.

Ramadani Wahyu

Leave a Reply

SEKRETARIAT REDAKSI

Jl. H. Sa’abun No.20, Jati Padang, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540.