Menilik Uniknya Peribahasa Betawi

Menilik Uniknya Peribahasa Betawi

Senibudayabetawi.com – Sebagai produk budaya dari masyarakat khususnya Betawi secara turun temurun, peribahasa Betawi merupakan jelmaan dari corak kebudayaan Betawi itu sendiri. Kehidupan dan cara berpikir masyarakat Betawi pun dapat tercermin melalui peribahasanya. Nah seperti apa uniknya peribahasa Betawi?

Diketahui bahwa Bahasa Betawi sebagai Bahasa ibu masyarakat merupakan alat komunikasi keseharian. Mereka biasanya berbahasa Betawi kepada anggota keluarga hingga orang yang juga berbahasa ibu Betawi.

Masyarakat Indonesia umumnya dan masyarakat Betawi khususnya selalu memelihara ketinggian budi bahasa. Ketinggian budi bahasa dilahirkan dengan penggunaan peribahasa.

Jika suatu hal dianggap sumbang, salah hingga janggal, melanggar adat dan agama maka tidak secara langsung diucapkan. Akan tetapi cukup diutarakan dengan sepatah peribahasa maka semua dapat terwakilkan.

Metafora dalam Ungkapan Betawi menjelaskan bahwa dalam keseharian masyarakat Betawi biasanya orang tua memberikan nasihat-nasihat kepada anaknya. Menariknya, mereka biasa mengungkapkannya melalui peribahasa agar menimbulkan nilai rasa positif dan pesan moral yang tak hanya ingin disampaikan. Namun dapat diterima karena lebih bernuansa halus.

Ciri Khas Peribahasa Betawi

Menariknya, dalam hal peribahasa Betawi justru memiliki ciri khas daripada peribahasa lainnya. Ini terlihat dari perbedaan dari segi fonologinya. Misalnya dalam peribahasa bahasa Indonesia terdapat peribahasa ada udang di balik batu yang dalam peribahasa Betawi menjadi adè udang di balik batu. Arti dari peribahasa ini berarti satu perbuatan baik yang dilakukan, tetapi ada maksud lain di balik perbuatan itu.

Berikut contoh dialog yang memuat uniknya peribahasa Betawi. Peribahasa ini berisi nasihat seorang ibu kepada anaknya yang baru mendapat menstruasi.

Mak: Salmè mari Mak bilangin

Salme : Kenapè Mak?

Mak : Denger Mak ngatè

Salme : Sayè Mak

Mak : Salme ude dapet kaen kotor, ga bole lagi maen kue-kuean dari tane, duduk jangan ngongkong. Ini nyang penting, Salme jangan culak colek anak lelaki. Apelagi nyang balegnya ude nongol. Suarenye berobe kayak gonggo,. Jangan ye… Denger katè Mak.

Peribahasa tersebut berisi suatu nasihat ibu kepada anaknya yang baru saja mendapat menstruasi. Namun, juga sebagai perumpamaan dalam mengungkapkan sesuatu dan memiliki nilai estetik.

Kendati peribahasa juga digunakan untuk mengungkapkan hal-hal yang bersifat humor tetapi tidak pernah lepas dari ajaran-ajaran yang bernilai positif. Berikut ini beberapa peribahasa Betawi yang kami rangkum.

Kayak anjing amè kucing

Aèr mate buayè

Kayak cacing ngaku uler

Anget-anget tai ayam

Anjing belang dikalungin emas

Anak buaye diajar berenang

Ramadani Wahyu

Leave a Reply

SEKRETARIAT REDAKSI

Jl. H. Sa’abun No.20, Jati Padang, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540.