Batik Gobang Khas Betawi Melenggang di Paris

Batik Gobang Khas Betawi Melenggang di Paris

Senibudayabetawi.com – Promosi kekayaan keberagaman ragam corak dan motif batik Betawi di kancah Internasional terus dilakukan. Tak terkecuali batik Gobang khas Betawi dalam Fête de l’Archipel (Festival of The Archipelago) yang berlangsung pada 29 September–5 Oktober 2023.

Batik Gobang khas Betawi karya Ethys Mayoshi merupakan salah satu batik yang populer di Jakarta. Tak sekadar batik, jenis batik ini dikembangkan sebagai bagian destinasi budaya dan industri kecil di Hutan Srengseng.

Ciri Khas Batik Gobang Khas Betawi

Ciri khasnya sangat menarik perhatian dan unik. Ya, dibandingkan dengan jenis batik Betawi lain yang menonjolkan warna mencolok, justru batik Gobang menonjolkan warna dasar seperti cokelat, hitam dan putih. Senada, kain yang digunakan pun lebih klasik seperti halnya serat buah-buahan salak khas Condet.

Batik Gobang memiliki nilai filosofis dan makna yang mendalam yakni berupa senjata orang Betawi di masa lampau dan uang zaman dahulu. Ya, jawara-jawara di Betawi telah akrab dengan berbagai senjata tajam untuk melindungi diri. Hal ini menginspirasi sebagai makna dalam batik Gobang ini.

Batik Gobang dalam Festival of The Archipelago

Diketahui pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi DKI Jakarta berpartisipasi dalam penyelenggaraan Festival of The Archipelago. Adapun festival ini diselenggarakan oleh KBRI Paris dengan berbagai promosi kuliner, ekonomi, forum bisnis dan malam budaya.

Batik Gobang melenggang bersama 8 merek asal Indonesia pada agenda Paris Fashion Week pada 4 Oktober 2023. Batik Gobang mengutamakan nilai batik yang klasik dan unik.

Pada 5 Oktober 2023 dilakukan kegiatan demonstrasi dan kelas memasak menu Indonesia di sekolah kuliner ternama di Prancis, Le Cordon Bleu Paris. Salah satu juri Master Chef Indonesia, Chef Marinka merupakan alumnus Le Cordon Bleu. Ia diundang khusus untuk mengenalkan makanan dan rempah-rempah Nusantara kepada calon chef lulusan Prancis.

Batik Gobang dan Chef Marinka Mewakili Jakarta

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta Andhika Permata menyatakan Pemprov DKI Jakarta membawa karya desainer batik Gobang dan Chef Marinka. Adapun batik Gobang dan Chef Marinka diharapkan dapat mempromosikan potensi industri kreatif Jakarta di subsektor fesyen dan kuliner.

Ia menambahkan Festival of The Archipelago yang berkelanjutan dapat mendorong masyarakat untuk dapat mengenal Indonesia, terutama Jakarta lebih dalam. Dengan kegiatan ini, tentu dapat menggali potensi kerja sama dan meningkatkan citra Indonesia di Prancis.

Ramadani Wahyu

Leave a Reply

SEKRETARIAT REDAKSI

Jl. H. Sa’abun No.20, Jati Padang, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540.