Tarian Kedok Tiga Khas Betawi Mendunia di Ajang Folklore di Paris

Tarian Kedok Tiga Khas Betawi Mendunia di Ajang Folklore di Paris

Senibudayabetawi.com – Tarian Kedok Tiga khas Betawi mendunia. Ini menyusul perolehan Grand Prix oleh siswa SMP Labschool Jakarta, Jakarta Timur dalam ajang folklore internasional. Mereka mengharumkan budaya Betawi dan Indonesia.

Tim MAJU Misi Budaya SMP Labschool Jakarta berhasil menyabet predikat Grand Prix dalam International Competition & Festival of Folklore, Dance and Music “ETOILES DE PARIS” di Kota Paris, Perancis pada 31 Oktober 2023. Adapun Grand Prix merupakan penghargaan tertinggi di ajang tersebut karena membawa tarian Kedok Tiga Khas Betawi.

Sementara tarian Kedok Tiga khas Betawi merupakan tari kreasi baru yang diadaptasikan dari pertunjukan Tari Topeng Tunggal Betawi dari daerah DKI Jakarta.

Dengan komposisi 11 orang penari serta 3 orang tim pendamping pelatih, tarian khas Betawi ini berhasil membuat para penonton dan dewan juri terpukau.

Tiga Karakter dalam Tarian Kedok Tiga khas Betawi

Koreografer sekaligus penata tari SMP Labschool Jakarta, Wisma Linda menyatakan, tarian Kedok Tiga menggambarkan karakter sifat manusia sesungguhnya. Adapun tarian ini membawakan tiga karakter topeng, yakni Panji (karakter lembut), Jingga (karakter Gagah), serta Samba (karakter lincah).

“Tari ini menggambarkan karakter sifat manusia yang terlahir ke dunia seperti kertas yang putih bersih,” ujar dia dikutip Kamis (2/11).

Lebih jauh, dalam proses kehidupan membentuk berbagai karakter sifat yang berbeda-beda. “Namun pada akhirnya manusia akan kembali kepada semesta tanpa membawa karakter dan sifat yang melekat pada dirinya,”lanjut dia.

Ajang ini diikuti 110 grup dari beragam negara di dunia. Mulai dari Indonesia, Malaysia, Lithuania, Armenia, Ukraina, Slovakia, Bulgaria, dan Kroasia. 

Kepala SMP Labschool Jakarta, Asdi Wiharto mengungkapkan rasa bangga dan suka cita atas keberhasilan Tim MAJU Misi Budaya SMP Labschool Jakarta dalam ajang tersebut.

“Rasa bersyukur dan bangga atas perolehan anak-anak kami membawa nama harum Indonesia ke kancah internasional patut di apresiasi. Kedisiplinan dan tekad kuat mengenalkan dan mempopulerkan tarian Betawi di apresiasi dengan menjadi juara,” kata Asdi.

Harapan sebagai Pemicu Semangat Pelajar Indonesia

Pihaknya berharap momen ini dapat menjadi pemicu semangat pelajar Indonesia untuk terus bangga dan mengenalkan budaya Indonesia ke kancah internasional. Tujuannya, agar Profil Pelajar Pancasila yang digaungkan pemerintah menjadi aksi nyata.  

Tarian yang dibawakan para siswa akan menjadi aksi nyata bagi dunia pendidikan dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang dikumandangkan pemerintah saat ini.

“Dengan semangat kebinekaan global, tim berhasil menunjukkan kepada kita semua bahwa tarian tradisional bukanlah hal yang usang. Tetapi justru perlu kita patut bangga, perlu dilestarikan, dan kita perkenalkan luas kepada dunia internasional,” ungkap Asdi. 

Tim MAJU Misi Budaya SMP Labschool Jakarta juga menampilkan tarian Kedok Tiga ke Festival Internasional di Republik Ceko bertajuk “XXXIV International Folklore Festival in Prague”.

Ramadani Wahyu

Leave a Reply

SEKRETARIAT REDAKSI

Jl. H. Sa’abun No.20, Jati Padang, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540.