Landar Lundur, Permainan Tradisional Betawi Tugu

Landar Lundur, Permainan Tradisional Betawi Tugu

Senibudayabetawi.com – Salah satu permainan tradisional Betawi dapat ditemukan di daerah Tugu, Jakarta Utara. Landar lundur namanya. Permainan ini lebih banyak dilakukan perempuan yang berusia 9 tahun.

Cara Bermain Landar Lundur

Permainan ini bisa dimainkan dengan minimal anggota sebanyak tiga orang. Kendati demikian, permainan Landar-lundur membutuhkan tempat yang nyaman.

Menariknya dalam permainan tradisional Betawi Tugu ini dua pihak yang bermain yaitu pihak jaga dan pihak jalan. Permainan dimulai dengan regu atau pihak jaga saling duduk berhadapan selonjor ketemu telapak kaki pertikal pada tumit. Sementara regu jalan lewat tepat di atas telapak regu jaga yang beradu.

Tahap selanjutnya yaitu regu jaga masih duduk berhadapan, kaki selonjor beradu telapak kaki, tetapi ada salah satu telapak kaki yang ditumpangkan ke atas. Regu jalan lewat seperti tahap pertama.

Selanjutnya, regu jaga duduk membuka kaki dan beradu telapak kaki dengan pasangannya sehingga terjadi ruang di antara pertemuan kaki pasangan penjaga.

Regu jalan lewat secara diagonal bergantian. Terakhir, regu jalan permainan landar lundur bertindak seperti sikap orang berak dengan pantat di dalam ruang kaki tersebut seperti duduk. Kemudian pantat dialihkan ke luar ruang dan kemudian kaki dikeluarkan pula.

Ramadani Wahyu

Leave a Reply

SEKRETARIAT REDAKSI

Jl. H. Sa’abun No.20, Jati Padang, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540.