Sop Kaki Kambing Khas Tanah Abang

Sop Kaki Kambing Khas Tanah Abang Bang Josh yang Ngejosh

Sop kaki kambing khas Tanah Abang lengkap dengan kuah susunya memang tiada duanya. Kesan itulah yang muncul dari pelanggan sop kaki kambing Bang Josh yang beralamat di Tanjung Duren, Jakarta Selatan.

Bagaimana tidak, ketakutan para pelanggan berkolesterol tinggi seolah sirna saat menyantap perpaduan kuah susu bercita rasa rempah dengan sajian lembut daging yang menempel pada kaki kambing. Kali ini, sop kaki kambing khas Tanah Abang juaranya.

Tak hanya di Tanjung Duren, Bang Josh juga membawa nama besar ‘Sop kaki kambing khas Tanah Abang’ hingga ke cabang Andara, dan Jagakarsa. Sebab, mendengar sop kaki kambing selalu mengingatkan pada Tanah Abang.

Baca Juga: Semarak Nasi Ulam untuk Semua

Ini tak lain, karena Tanah Abang dulunya membawa pengaruh yang kuat terhadap cita rasa kuliner Betawi asli itu. Terutama orang Arab yang dulunya bermukinm di sana.

“Dari cerita dulunya di Tanah Abang itu kuahnya bening. Tapi orang Arab di sana bilang coba pakai susu karena mereka kan suka yang kuahnya kental tuh pakai susu.Kita orang Betawi coba, dan jadilah khasnya Tanah Abang,” ujarnya kepada senibudayabetawi.com.

Bang Josh boleh dibilang pemain baru—tepatnya baru 10 tahun menggeluti kuliner ini. Namun, ia mampu membuktikan bahwa tiga cabang tenda warung miliknya selalu ramai. Terutama di waktu saat orang pada mencari kuliner malam.

Bercita Rasa Kuat

Itu tak lain karena ia tetap mempertahankan cita rasa yang sop kaki kambing khas Tanah Abang—kaya rempah dan berkuah susu. Susu yang ia gunakan pun meski tak dari susu murni tapi ia memastikan rasanya gurih, yakni susu bubuk. Sementara untuk bahan rempah untuk kuahnya juga sangat komplit, mulai dari cengkeh, biji pala, kapulaga, kayu manis, dan jahe.

“Untuk jahe dan kayu manis ini bertujuan agar dagingnya tak amis,” ujarnya singkat.

Demikian pula untuk pemilihan kaki kambing—kaki kambing muda yang ia pilih betul kualitasnya. Sebab ia mengaku tak menggunakan presto untuk melunakkan dagingnya. Dengan memastikan kaki kambing muda maka daging akan empuk saat memasaknya langsung.

“Kita belinya daging juga udah bersih, udah dikerok dan dibelah. Tinggal dipotong-potong aja,” imbuh dia.

Kendati demikian, Bang Josh juga menyediakan preferensi lain bagi pelanggan yang lebih menyukai sop kaki kambing dengan kuah bening maupun bersantan. Ini juga bisa sebagai preferensi kalian yang takut kolesterol.

Baca Juga: Laksa Betawi Asirot, Hidangan yang Kaya

Dalam sehari, ia bisa menghabiskan 10 kilogram daging—setara dapat menghasilkan 60 porsi sop kaki kambing. Disajikan bersama emping, dengan taburan bawang goreng dan daun bawang, serta ditambah perasan jeruk nipis membuat makanan ini semakin menggugah dan menyegarkan

Adapun untuk harga seporsi sop kaki kambing Rp. 32ribu. Tak hanya itu, ia juga menyediakan menu kuliner Betawi lainnya, seperti sop iga, soto Betawi, sate kambing, dan sate ayam. admin

Baca Juga: Merasakan Sensasi Endul Soto Betawi Mpok Mul

Leave a Reply

SEKRETARIAT REDAKSI

Jl. H. Sa’abun No.20, Jati Padang, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540.