Peranan Tukang Pangkeng dalam Tradisi Upacara Mangkeng Betawi

Memaknai Upacara Mangkeng dalam Masyarakat Betawi

Senibudayabetawi.com – Masyarakat Betawi sangat menjaga adat leluhur, termasuk masyarakat Betawi pesisir. Ini terlihat dari salah satu upacara leluhur yang telah turun temurun dilakukan dalam wujud menangkal hujan. Mereka biasa menyebutnya dengan istilah upacara mangkeng dalam masyarakat Betawi.

Upacara mangkeng berasal dari kata Pangkeng. Secara harfiah, pangkeng yaitu kamar atau ruangan di dalam rumah. Biasanya dalam rumah orang Betawi terdapat beberapa pangkeng. Mulai dari pangkeng tamu yang digunakan untuk menerima tamu. Lalu ada pangkeng Tengah yang ada di bagian tengah rumah, serta ada pangkeng tidur yang merupakan kamar tidur.

Sementara dalam konteks upacara, mangkeng merupakan salah satu bentuk usaha orang Betawi untuk menangkal hujan untuk berbagai tujuan, seperti pernikahan hingga perayaan massal.  

Memaknai Upacara Mangkeng dalam Masyarakat Betawi

Melansir setubabakan, upacara ini dilakukan oleh seorang dukun pangkeng sebab seluruh kegiatan upacara ini diselenggarakan di pangkeng. Menariknya, masyarakat Betawi secara umum mengenal upacara ini dengan berbagai sebutan, seperti Dukun Dudukin (sang dukun menduduki pendaringan), Dukun Nyarang (sebab sang dukun seolah membuat sarang di pangkeng), serta Dukun Nolak Ujan (dukun berperan sebagai pawang hujan).

Dalam melakukan upacara mangkeng ini, dukun pangkeng kerap kali mempersonifikasikan dirinya sebagai Dewi Sri Pohaciyang merupakan Dewi Kesuburan dan Kemakmuran. Itu artinya mereka memastikan berdandan layaknya seorang Dewi Sri Pohaci.

Dalam menjalankan tugasnya ini, dukun ini tak pernah keluar dari pangkeng kecuali ada kepentingan yang tak bisa ditinggalkan. Mereka juga kerap merapal jampe untuk memperlancar tugasnya ini.

Tak hanya itu, dukun juga bertugas untuk hal lain, seperti mencatat pemasukan dan pengeluaran tuan rumah penyelenggara hajat atau pesta. Itu artinya, sang dukun turut membantu sebagai asisten yang mencatat semua bantuan sumbangan dari sanak saudara dan keluarga.

Ramadani Wahyu

1 Response

Leave a Reply

SEKRETARIAT REDAKSI

Jl. H. Sa’abun No.20, Jati Padang, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540.