Tari Geol Manis Betawi, Menyimbolkan Karakter Ramah Indonesia

Tari Geol Manis Betawi, Menyimbolkan Karakter Ramah Indonesia

Senibudayabetawi.com – Tari Geol Manis yang diketahui sebagai salah satu tarian khas tradisional Betawi menyimpan sejarah panjang. Tak sekadar menyajikan serangkaian gerakan nan anggun lemah gemulai. Namun, tari Geol Manis juga merupakan simbol keramahan Indonesia.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kebudayaan Betawi sangat beragam, termasuk dalam tarian khas Betawi. Nah, lantas kenapa tari Geol Manis khas Betawi ini bisa terbilang tak kalah dengan tarian Betawi lainnya?

Adal Usul dan Ciri Khas Tari Geol Manis

Tari Geol Manis merupakan nama lain dari tari Renggong Manis dengan sentuhan berbagai budaya seperti budaya Arab, Tionghoa klasik dan India.

Tak heran jika melihat banyaknya pengaruh budaya luar yang banyak masuk ke dalam budaya Betawi, mengingat letak Jakarta dan adanya Pelabuhan Sunda Kelapa sendiri yang merupakan pintu menuju Indonesia di masa lampau.

Dilihat dari gerakannya, tari Geol Manis mencerminkan ungkapan kebahagiaan dan rasa kebersamaan para remaja putri Betawi.

Bukan hanya itu, gerakan-gerakan dalam tarian ini dipercaya melambangkan kebahagiaan tuan rumah dalam menyambut tamu yang berdatangan. Bisa dibilang bukan sekadar tarian, tapi ungkapan rasa suka cita atas kehadiran para tamu.

Tarian ini biasa dimainkan dalam berbagai acara resmi. Biasanya tarian ini ditampilkan pertama sebelum memasuki acara utama sebagai media penyambut tamu.

Kebahagiaan tuan rumah atas kedatangan tamunya diasosiasikan dengan keceriaan tari tersebut.

Ditambah lagi dengan adanya ansambel orkes Gambang kromong juga sepertinya telah banyak memengaruhi kesenian dan tradisi Betawi. Alunan rebab terdengar jelas yang menunjukkan unsur etnik Cina.

Demikian dalam kostum yang menghiasi tubuh penari. Dapat dilihat bahwa pemilihan warna yang mencolok, motif kain dan pernak-perniknya terpengaruh oleh budaya Cina.

Pentas dalam KTT ASEAN 2023

Tarian Gaeol Manis tak sekadar mentas dalam panggung lokal, tapi juga mampu menjadi pertunjukkan internasional bagian dari upacara penyambutan KTT ASEAN 2023.

Keramahtamahan Indonesia dalam tarian ini tampak jelas menyambut berbagai pimpinan negara dalam KTT ASEAN 2023. Dengan berbagai gerakannya yang indah dan maknanya mendalam, tarian ini mengingatkan akan akulturasi berbagai budaya yang menjadi satu.

Ramadani Wahyu

1 Response

Leave a Reply

SEKRETARIAT REDAKSI

Jl. H. Sa’abun No.20, Jati Padang, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540.