Jejak Pengaruh Kuliner Portugis pada Pindang Serani Khas Betawi

Jejak Pengaruh Kuliner Portugis pada Pindang Serani Khas Betawi

Senibudayabetawi.com – Jejak pengaruh Portugis terhadap kuliner di Betawi masih sangat kuat terutama di wilayah Kampung Tugu, Jakarta Utara. Ya, pasca kekalahan Portugis di Ternate pada 1590 turut memberi sumbangsih keragaman kuliner. Tak terkecuali pindang serani khas Betawi khususnya di Kampung Tugu.

Tempo dulu, banyak  pedagang  Portugis  yang  melabuhkan  kapal  mereka  di  Batavia. Menariknya, mereka memiliki tradisi dalam hal memasak yang cukup berbeda dengan masyarakat Indonesia. Jika kita terbiasa dengan menggoreng makanan, mereka justru lebih memilih membakar bumbu-bumbunya.

Selanjutnya kebiasaan ini diadopsi oleh masyarakat Betawi untuk membakar bumbu-bumbu masakan. Ini terlihat dalam kuliner khas Betawi khususnya di Kampung Tugu yakni pindang serani.

Kuliner pindang serani berupa hidangan ikan bandeng berkuah kuning dengan perpaduan cita rasa asam, segar, dan pedas. Karena cita rasanya ini, banyak orang menyebutnya pula dengan istilah pindang bandeng Betawi.

Pindang serani merupakan salah satu makanan yang biasa disantap oleh warga Portugis yang menetap di Betawi saat masa kolonial Belanda.

Istilah ‘serani’ pun merujuk pada kebiasaan warga Portugis yang mayoritas beragama Nasrani dan memang suka untuk memasak pindang ini. Penyebutan serani bersumber pada istilah Nasrani keyakinan warga Portugis.

Kendati demikian, versi lain menyebut bahwa kuliner ini terpengaruh dari masyarakat Tiongkok yang menetap di Betawi.

Diketahui bahwa olahan berbahan ikan bandeng ini tak pernah absen saat perayaan Hari Raya Imlek. Namun, bagi masyarakat Kampung Tugu makanan ini menjadi makanan sehari-hari.

Cita rasa pindang serani sangat otentik terlihat dari penggunaan rempah-rempahnya yang kaya diikuti dengan teknik memasak dengan cara dibakar.

Nah, daripada penasaran cara membuat pindang, berikut kami rangkum bahan dan cara membuat pindang serani.

Bahan-bahan Pindang Serani Khas Betawi:

1 ekor ikan bandeng

1 buah bunga kecombrang

3 buah belimbing sayur

4 buah tomat hijau

4 buah cabe merah dibakar

6 siung bawang merah dibakar

2 siung bawang putih dibakar

Jahe, kunyit yang dibakar

Lengkuas digeprek

Daun salam

Daun jeruk

Sereh digeprek

Air asam jawa secukupnya

Kecap manis

Garam

Cara Membuat Pindang Serani Khas Betawi:

Pertama, cuci ikan terlebih dahulu lalu beri perasaan jeruk nipis, garam dan diamkan kira-kira 15 menit, cuci dan sisihkan

Kedua, ulek kasar bawang, cabe dan bumbu-bumbu lainnya

Selanjutnya, didihkan air lalu masukkan bumbu yang telah diulek kasar, masukkan ikan lalu tambahkan perasa dan kecap manis.

Kemudian masukkan tpmat, bunga kecombrang dan belimbing sayur dan masak hingga semua matang. Sajikan.

Ramadani Wahyu

Leave a Reply

SEKRETARIAT REDAKSI

Jl. H. Sa’abun No.20, Jati Padang, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540.