Menikmati Sagon Sembur Khas Betawi

Menikmati Sagon Sembur Khas Betawi, Hati-hati Nyembur

Senibudayabetawi.com – Salah satu kue tradisional khas Betawi ini terbilang sangat unik. Bagaimana tidak, sagon sembur Betawi hanya bisa dinikmati dengan mulut tertutup. Jika sobat senibudayabetawi memaksa makan dengan mulut terbuka maka seketika serbuk-serbuk sagon akan menyebur dari mulut.

Teksturnya berbentuk serbuk atau bubuk membuat kue sagon sembur ini sangat khas. Biasanya kue ini disajikan dengan segelas teh hangat saat nyahi alias saat santai di sore hari.

Di balik gurihnya kue sagon ini dibumbui dengan santan, gula dan daun pandan. Dikenal sebagai kue jadul, kue sagon sembur sudah jarang ditemukan, terlebih di tengah maraknya kue-kue kekinian.

Muasal sagon sembur khas Betawi ini tidak diketahui secara pasti. Namun, diyakini berasal dari daerah Betawi. Konon, tempo dulu sagon bebahan dasar sisa nasi. Muasal pembuatan kue sagon bubuk bermula karena inisiatif masyarakat Betawi yang ingin memanfaatkan sisa nasi. Nasi telah menjadi makanan pokok khas Indonesia. Sangat disayangkan jika nasi yang dimakan turut terbuang. Demikian sagon sembur hadir sebagai langkah untuk memanfaatkan sisa nasi ini. Nah, berikut ini resep sagon sembur jadul sederhana tempo dulu.

Bahan-bahan

  1. 200 gr tepung beras 
  2. 250 gr kelapa parut 
  3. 250 gr gula pasir

Cara Membuat

  1. Sangrai kelapa parut hingga kuning kcoklatan. Angkat dinginkan. Setelah dingin haluskan dengan food processor /blender sebentar saja jgn terlalu halus. Oh ya blender kelapa sangrainya tunggu kelapa bener2 sudah dingin ya. Sisihkan.
  2. 2Sangrai tepung beras,aduk2 terus sampai tepung berwarna kekuningan, setelah tepung berubah warna segera masukkan kelapa sangrai, aduk2 hingga rata lalu matikan api. Masukkan gula pasir. Aduk rata. Tunggu dingin.
  3. 3Sagon bubuk siap dikemas atau ditaruh diwadah kedap udara.

Versi lain menyebut bahwa sagon sembur diciptakan sebagai suguhan spesial di hari-hari perayaan. Sagon sembur yang semula berasal dari sisa nasi bertransformasi berbahan dasar tepung ketan sehingga teksturnya kenyal. Berikut ini resepnya.

Bahan-bahan:

  • 200 gram tepung ketan.
  • 250 gram kelapa parut
  • 250 gram gula merah, sisir halus
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt kayu manis bubuk
  • 1/4 sdt pala bubuk
  • 1/4 sdt kapulaga bubuk
  • 1/4 sdt cengkeh bubuk
  • 1/4 sdt jahe bubuk
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 2 lembar daun pandan, iris tipis

Cara Membuat:

  1. Sangrai tepung ketan dengan api kecil hingga berwarna kuning keemasan. Angkat dan dinginkan.
  2. Sangrai kelapa parut dengan api kecil hingga berwarna kuning keemasan dan mengeluarkan aroma harum. Angkat dan dinginkan.
  3. Campurkan tepung sagu sangrai, kelapa parut sangrai, gula merah, garam, kayu manis bubuk, pala bubuk, kapulaga bubuk, cengkeh bubuk, jahe bubuk, merica bubuk, vanili bubuk. Aduk rata.
  4. Tambahkan daun pandan, aduk rata.
  5. Bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan kecil.
  6. Goreng sagon sembur dengan minyak goreng panas hingga berwarna kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.
  7. Sajikan sagon sembur selagi hangat.

Ramadani Wahyu

Leave a Reply

SEKRETARIAT REDAKSI

Jl. H. Sa’abun No.20, Jati Padang, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540.